UTS MKDK4002/ PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 2022 No 1
00.54
1.
Dalam
Teori psikososial dari Erikson, perkembangan manusia terdiri dari beberapa
tahapan berdasarkan usia kronologisnya.
a.
Jelaskan
Teori Psikososial Erikson pada tahapan usia remaja,
Identity
vs Role Confusion - Tahap 5 (12 - 20 tahun); pada tahapan ini, seseorang mulai
beranjak remaja dan mulai timbul rasa ingin tahu. Mereka mulai mencoba untuk
mencari identitas jati diri dan biasanya akan berkelompok dengan teman-teman
yang memiliki kesamaan dan pelan-pelan mulai memikirkan masa depan. Jika anak
menjalani tahapan ini dengan mendapatkan dukungan orangtua yang cukup maka
identitas positif pun akan tercapai, sebaliknya bila banyak mendapat penolakan
dari orang tua maka akan menimbulkan kebingungan identitas dan menurunkan rasa
percaya dirinya.
b.
Sebutkan
4 hal yang menjadi ciri utama manusia pada periode ini.
Erikson
menekankan kesadaran individu untuk menyesuaikan diri dengan pengaruh sosial.
Pusat perhatian psikologi ego adalah kemasakan ego yang sehat, alih-alih
konflik salah suai yang neurotik. b. Erikson berusaha mengembangkan teori
insting dari Freud dengan menambahkan konsep epigenetik kepribadian. c. Erikson
secara eksplisit mengemukakan bahwa motif mungkin berasal dari impuls id yang
taksadar, namun motif itu bisa membebaskan diri dari id seperti individu
meninggalkan peran sosial di masa lalunya. Fungsi ego dalam pemecahan masalah,
persepsi, identitas ego, dan dasar kepercayaan bebas dari Id, membangun sistem
kerja sendiri yang terlepas dari sitem kerja id. d. Erikson menganggap ego
sebagai sumber kesadaran diri seseorang. Selama menyesuaikan diri dengan
realita, ego mengembangkan perasaan
keberlanjutan diri dengan masa lalu dan masa yang akan datang. desi nur winahyu
0 komentar