DGK4502/Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD 2022
01.05desi nur winahyu
Jawaban:
1. A. pembelajaran yang baik dan efektif
mutlak memenuhi empat kriteria dasar yakni;
• Dapat membangkitkan rasa ingin tahu
para pebelajar.
•Dapat membangkitkan optimisme positif
dalam diri pebelajar.
• Dapat menumbuhkan kreativitas
pebelajar.
• Dapat diaplikasikan secara efektif.
B. pendapat saya tentang rumusan tujuan
pembelajaran di atas yaitu "metode yang digunakan sudah cukup baik untuk
Mengalikan bilangan bulat menggunakan model konkret namun model konkret yang
harusnya digunakan seharusnya lebih besar lagi karena media yang digunakan
terlalu kecil sehingga siswa kesulitan".
2. A. kriteria rumusan indikator
pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat :
•• Indikator dirumuskan dari KD.
•• Menggunakan kata kerja operasional
(KKO) yang dapat diukur.
•• Indikator dirumuskan dalam kalimat
yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
B. rumusan indikator pencapaian
kompetensi kunci/pokok untuk KD di atas :"melalui percobaan energi dan
kalor siswa dapat memahami pengertian energi dan kalor dengan baik dan
jelas"
3. Metode pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran di atas dan bagaimanakah kegiatan pembelajaran yang tepat
sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut adalah metode ceramah,
ekspositori, demonstrasi, tanya jawab, eksperimen, drill dan penemuan inquiry,
4. A. In strumen penilaian =
Tujuan : Pembelajaran ini digunakan agar
para siswa mampu menganalisis hubungan berbagai bentuk bangun datar.
·
Tes tertulis dengan soal-soal yang menguji kemampuan siswa dalam
mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar dan menyebutkan sifat-sifatnya.
·
Penugasan menggambar bangun datar sesuai dengan sifat-sifat yang
diberikan.
·
Observasi kegiatan siswa dalam menganalisis hubungan antara bentuk
bangun datar dengan sifat-sifatnya.
·
Diskusi kelompok dengan menggunakan soal-soal yang menguji
kemampuan siswa dalam menganalisis hubungan antara bentuk bangun datar dengan
sifat-sifatnya.
Spetifikasi : Bagun datar
Kisi kisi : bagun datar adalah bangun
objek atau bentuk berbentuk dua dimensi....ciri bangun datar yaitu Memiliki
sisi-sisi yang sama panjang, Memiliki dua diagonal yang sama panjang, Memiliki
empat sudut siku-siku yang sama besar, dan Memiliki 4 sumbu simetri putar dan
lipat....jenis bangun datar segi empat yaitu Jajar genjang, layang², belah
ketupat, persegi panjang...hubungan keterkaitan segi 4 yaitu bangun datar
segi-4 beraturan semua bermula dari jajar genjang....jenis bagun datar segitiga
Segitiga sama kaki, segitiga siku-siku , segitiga sama sisi, dll
B. Indikator soal:
·
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar berdasarkan
sifat-sifatnya.
·
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat dari setiap jenis bangun
datar.
·
Siswa dapat menganalisis hubungan antara bentuk bangun datar
dengan sifat-sifatnya.
·
Siswa dapat menggambar bangun datar sesuai dengan sifat-sifat yang
diberikan.
1. Apa itu bangun datar?
2. Ciri ciri bangun datar adalah...
3. Sebutkan macambangun datar segi empat!
4. Bagaimana hubungan keterkaitan segi 4?
5. Sebutkan macam-macam bagun datar
segitiga!
0 komentar